Forkopimda, Partai Politik dan Para Jurnalis Tinjau Langsung Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 Forkopimda, Partai Politik dan Para Jurnalis Tinjau Langsung Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Forkopimda, Partai Politik dan Para Jurnalis Tinjau Langsung Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

6 January 2024 | 12:22 WIB Last Updated 2024-01-06T04:22:59Z
Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

Bitung, Indimanado.com - KPU Kota Bitung mengundang Forkopimda Kota Bitung beserta Partai Politik peserta Pemilu 2024 beserta para Jurnalis Kota Bitung untuk hadir dan menyaksikan secara langsung proses penyortiran dan pelipatan kertas surat suara pemilu 2024 di Gudang logistik KPU Kota Bitung, Jalan Horizon Kelurahan Madidir Ure Kecamatan Madidir Kota Bitung, Jumat (5/1/2024).

Terpantau selama di lokasi, Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi. Hanif Tupen ST MIP beserta para LO Partai politik peserta Pemilu seperti PAN dan PKB Kota Bitung mengikuti tour proses sortir dan pelipatan kertas surat suara yang di pandu Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw bersama anggota KPU Kota Bitung, Frangky Takasihaeng, Muhajir La Djanudina dan Yunnoy Servulus Rawung.

Deslie Sumampouw tampak semangat memandu Walikota Bitung beserta unsur Forkopimda dan para LO Partai Politik saat meninjau proses pelipatan surat suara.

Begitupula dengan para Wartawan yang hadir, leluasa ketika mengambil gambar di lokasi tersebut.

Ketua KPU Deslie Sumampouw, kepada para awak media mengatakan diundangnya Forkopimda, Partai Politik dan Para Wartawan bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kinerja KPU Bitung serta untuk menjawab keraguan terhadap proses pelipatan suara di KPU Bitung.

"Jadi semua, hari ini kita mengundang Forkopimda Partai Politik, Pak Wali dan tentu teaman-teman media supaya jika ada keraguan dari teman-teman media, hari ini bisa kami pastikan bahwa kami melakukan sama semua media, tidak ada yang dilebih-lebihkan atau di prioritaskan," ucap Sumampouw.

Terkait dengan tidak diizinkannya wartawan mengambil gambar satu hari sebelumnya, Sumampouw menjelaskan, "Bukan dilarang  Pak, karena disini juga petugas keamanan, mereka juga mengamankan, mereka juga ada tugas yang harus di amankan. Makanya hari ini saya jawab semua tantangan teman-teman wartawan untuk melihat secara langsung, menyaksikan secara langsung terkait kinerja KPU dan jajarannya," lugas Sumampouw.

Senada dengan Sumampouw, Walikota Bitung juga mengungkapkan hal yang sama usai meninjau lokasi tersebut.

"Kami sudah pastikan dan kami bertanya langsung di lapangan tadi, ternyata tidak. Disaksikan juga teman-teman dari partai," ucap Mantiri.

"Dilengkapi juga ada CCTV. CCTV juga bisa dilihat dikontrol oleh teman-teman media termasuk teman-teman partai walaupun tetap kami lihat di sini ada role, kalau ada ditemukan tanda-tanda kecurangan," jelas Mantiri.

"Ternyata sampai hari ini jam ini jam 10.30 kami melihat berjalan normal sesuai dengan aturan
dan terlihat memang KPU sangat terbuka untuk saat ini, tidak ada yang disembunyikan dan itu kami salut kepada KPU Kota Bitung yang sudah melakukan tugas, tanggung jawab bagi Negara ini yang kami hormati, agar Pemilu kita khususnya di Kota Bitung berjalan lancar," ucap Maurits Mantiri.

Begitu pula dengan kesaksian singkat dari perwakilan Partai Politik yang turut melakukan peninjauan di lokasi, menyampaikan hasil pengamatannya atas proses pelipatan Surat Suara KPU Kota Bitung.

"Pelaksanaannya Bagus, dengan kondisi ini sekarang kita lihat pelipatan ini bagus sekali, semua aman," ungkap perwakilan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Bitung.

Demikian pula perwakilan dari PKB Bitung menyampaikan, "Kami dari Partai (PKB) merasa senang, karena secara terbuka dari KPU menunjukkan kepada kami partai-partai politik, dimana tidak ada dusta diantara kita," ungkap Srikandi PKB Bitung siang itu.

Sementara itu, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi. Hanif Tupen ST MIP yang merupakan bagian dari Forkopimda Kota Bitung, juga menyampaikan pengamatannya, "Hari ini kita menyaksikan, mulai dari kemarin, pelaksanaan pelipatan surat suara, kita sama-sama jangan sampai ada saling curiga satu sama lain. Dari semua unsur diundang hari ini meninjau kegiatan pelipatan surat suara, artinya kita memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan," tandas Hanif Tupen.

Berdasarkan informasi dari Ketua KPU Bitung, saat ini ada sekitar 150 orang masyarakat yang dilibatkan dalam pelipatan surat suara ini. Sehingga dalam 5 hari kedepan, menurut Sumampouw, semua proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini akan bisa terselesaikan.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close