TETTY PARUNTU Canangkan Kampung KB dan Deklarasikan Stop BABS TETTY PARUNTU Canangkan Kampung KB dan Deklarasikan Stop BABS - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

TETTY PARUNTU Canangkan Kampung KB dan Deklarasikan Stop BABS

19 July 2018 | 22:13 WIB Last Updated 2018-07-19T14:13:31Z

INDIMANADO.COM, AMURANG - Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu (CEP) melakukan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) dan sekaligus mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Kecamatan Suluun Tareran. Pencanangan dan deklarasi dilaksanakan di Desa Pinapalangkow, Rabu (18/7/2018).

Menurut, Bupati CEP yang akrab disapa Ibu Tetty Paruntu, kampung KB harus digalakkan mengingat pertumbuhan penduduk Indonesia yang sekarang mencapai 1,3 persen. Dengan tingginya angka pertumbuhan penduduk berdampak kepada kebutuhan pokok serta lowongan pekerjaan. Jadi program kampung KB adalah bagian solusi untuk mensejahterakan rakyat.


Sehubungan dengan kesejahteraan rakyat, Bupati Tetty Paruntu akan menindaklajuti laporan, usulan masyarakat terkait kebutuhan pembangunan kecamatan Suluun Tareran dan Desa Pinapalangkow pada khususnya.

"Saya akan memprioritaskan usulan-usulan yang masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang ada di Kabupaten Minsel," kata Bupati sembari mengapresiasi kinerja Camat Suluun Tareran, Camat Drs Veky C H Rondonuwu yang tidak bosan-bosan menghadap Bupati dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakat.


Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menghimbau para hukum tua untuk bersinergi dengan pemkab dalam membangun desa. Dia juga mengingatkan para hukum tua untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah kabupaten.

"Jangan hanya duduk-duduk di kampung, tidur, tidak mengerjakan sesuatu," imbaunya.

Selain itu, Bupati berpesan kepada pemerintah desa untuk mengelola dana desa dengan baik, serta proaktif mengajukan usulan ke pemkab, dengan catatan usulan tersebut sesuai hasil musyawara desa.

"Harapan saya, kedepan dana desa dikelola dengan baik. Dalam waktu dekat kita akan mengkaji bagi hukum tua dan perangkat-perangkatnya," pesannya.

Sementara dengan dideklarasikannya Stop BABS, Bupati Tetty Paruntu berharap lingkungan desa lebih bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau, sehingga kesehatan masyarakat semakin baik dan semakin meningkat.


"Program ini bagus, jadi tolong ini disosialisadikan terus kepada semua, mulai dari anak kecil agar mereka tahu bagaimana membuang sampah pada tempatnya. Mendisiplinkan anak-anak kita sejak dini, bagaimana cara membuang air besarnya, cara membuang sampahnya ?" ujarnya.

Karena itu, peran masyarakat sangat penting dalam mensukseskan semua program yang ada. "Ini harus ada partisipasi masyarakat, tampa partisipasi masyarakat gagal semua rencana ini," pungkas Bupati tercantik ini.

Pencanangan dan deklarasi ini juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pinapalangkow yang ke 416. Sebagai hadiah, Bupati Tetty Paruntu akan melanjutkan pembangunan jalan antara Lelema dan Pinaoalangkow.

(alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close