Sekprov Harap PHRI Terus Bermitra Bersama Pemprov Majukan Sektor Pariwisata Sekprov Harap PHRI Terus Bermitra Bersama Pemprov Majukan Sektor Pariwisata - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sekprov Harap PHRI Terus Bermitra Bersama Pemprov Majukan Sektor Pariwisata

28 February 2019 | 23:15 WIB Last Updated 2020-01-27T16:04:43Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen SE MS, menghadiri sekaligus membuka musyawarah daerah ke-V Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi  Sulut, di Hotel Plaza Manado, Kamis(28/2/2019).

Pada kesempatan itu, Sekprov Silangen menerangkan keberhasilan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw dalam meningkatkan sektor pariwisata di Sulut.

Menurutnya, sejak ditetapkannya pariwisata sebagai salah satu motor pembangunan di Provinsi Sulut, berbagai sektor strategis pun kemudian telah dipengaruhi, bahkan pembangunan daerah di tahun-tahun terakhir ini terus menunjukkan geliat positif, sebagaimana nampak pada pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2018 yang mencapai angka 6,01 persen, lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,27 persen.

”Angka kemiskinan menurun, dimana hingga akhir tahun 2018 berada pada angka 7,59 persen atau menurun jauh jika dibandingkan kemiskinan pada tahun 2016 yang berada pada angka 8,20 persen. Untuk angka pengangguran juga mampu ditekan hingga 6,86 persen ditahun 2018, dari sebelumnya 7,18 persen pada tahun 2017,”kata Silangen.

Untuk itu sektor pariwisata terus digenjot, sehingga ditahun-tahun terakhir peningkatan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara sangat signifikan.


”Sebelumnya kunjungan wisatawan di tahun 2016  bejumlah 48.288 orang, ditahun 2017 berhasil mencapai angka 86.976 kunjungan, dan pada tahun 2018 berdasarkan data terakhir BPS Sulawesi utara tercatat angka kunjungan Wisatawan selang bulan Januari hingga November telah menembus angka 113.255  kunjungan,” terang Silangen.

Capaian angka kunjungan Wisman ini, menurut Silangen berkat dibukanya penerbangan langsung Manado-Tiongkok.

“ Ini juga berkat sinergitas kerja segenap komponen pembangunan di daerah dan dukungan penuh dari pemerintah pusat, serta upaya-upaya strategis segenap stakeholder sektor pariwisata termasuk PHRI,” kata Silangen.

Namun berbagai upaya ini belum cukup dan masih perlu untuk terus disempurnakan dalam berbagai aspek, sehingga sengat memerlukan dukungan segenap pihak, termasuk PHRI Sulut.

Dalam konteks ini, Sekprov Silangen mengharapkan peran, karya positif dan kontributif dari PHRI Sulut untuk lebih memajukan sektor pariwisata.

Dia mengakui peran PHRI selama ini sangat membantu kemajuan pariwisata Sulut. Karena itu pada kesempatan Musyawara PHRI ke V Silangen menyampaikan terima kasih atas dedikasi Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani dan Ketua PHRI Sulut, Johny Lieke.


“Sejak saya di Dinas Pariwisata, Pak Johny Lieke sudah Ketua PHRI Sulut, karena itu secara pribadi saya memberikan penghargaan buat Pak Johny, karena disektor pariwisata yang cukup dinamis ini, dibawa kepemimpinan beliau, Sulawesi Utara menunjukan progres yang sangat luar biasa,” tandas Silangen.

Lebih jauh, Sekprov Silangen berharap kepada para peserta Musyawarah Daerah untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik dan seoptimal mungkin untuk pengembangan kapasitas diri dan organisasi. Sehingga, sebagai sebuah organisasi profesi, PHRI Sulawesi Utara kedepannya dapat terus mengaktualisasikan langkah solutif dan antisipatif dalam menjalankan perannya sebagai salah satu organisasi terandalkan dan mitra aktif pemerintah daerah dalam pembangunan.

Dikesempatan yang sama pula, Sekprov Silangen memberi dukungan kepada produk-produk daerah, seperti Cap Tikus 1978. Menurutnya, produk apa saja untuk mensejahterakan masyarakat menjadi prioritas pemerintah.

“Ini sangat luar biasa, muda-mudahan ini membawa berkat buat masyarakat Sulawesi Utara,” kata Silangen.


Musda PHRI ke V ini juga dilaksanakan pemilihan pengurus, dimana Nicho Lieke MBA terpilih sebagai Ketua PHRI Sulut yang baru. Nicho Lieke kepada media mengaku bahwa dia ingin mendedikasikan diri untuk daerah. Sebelumnya, Nicho Lieke menjabat Bendahara PHRI Nasional.

”Ada dua hal, yang pertama saya ingin membangun pariwisata Sulut. Saya mau lakukan itu untuk membangun daerah bersama-sama. Kedua, saya lihat Gubernur kita. Pak Olly Dondokambey Gubernur luar biasa, kunjungan turis sampai 120 ribu, itu gebrakan, dan hal ini perlu ditunjang pilar-pilar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara Musda ini Ketua Umum DPP PHRI Hariyadi Sukamdani, Ketua PHRI Sulut Johny Lieke, Asisten Perekonomian dan Pembangunan M Rudy Mokoginta SE MTP, Karo Ekonomi dan SDM Sulut, Frangky manumpil, Kepala kantor Bea Cukai Manado, Nyoman Adhi Suryadnyana, dan Para Pejabat TNI/POLRI.

(alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close