Iklan

TERKINI

Musim Penghujan, BPBD Himbau Masyarakat Mitra Waspada

indimanado.com
6 January 2020, 22:09 WIB Last Updated 2020-01-06T14:09:14Z

INDIMANADO.COM, RATAHAN - Musim Penghujan di awal tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Mitra, Welly Mononimbar melalui Sekretaris Jolli Tumiwa SH agar masyarakat waspada terhadap kondisi, terutama potensi bencana alam, banjir dan tanah longsor.

"Masyarakat juga diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air apabila hujan tiba," kata Tumiwa, Senin (6/1/2020).

Selain ancaman banjir dan tanah longsor, musim penghujan ini berpotensi angin kencang. Oleh karena itu, Tumiwa menghimbau jika situasi ini terjadi, masyarakat baiknya mematikan aliran listrik di rumah, dan menghindari pohon-pohon besar yang membahayakan. Dia pun meminta masyarakat dalam kondisi seperti ini, ada baiknya berada di rumah. Pohon besar, atau pohon yang sudah lebat yang berada didekat pemukiman ada baiknya di pangkas.

"Adapun tanda-tanda akan adanya angin kencang seperti diawali dengan hujan lebat yang turun tiba-tiba disertai dengan guntur dan petir," ujar Tumiwa.

Tumiwa juga berharap kepada semua masyarakat yang bermukim disekitar aliran sungai untuk tetap waspada dengan cuaca yang sangat extreme.

"Jauhilah aliran sungai apabila terjadi hujan deras," tandasnya, sembari mengingatkan agar masyarakat mengindahkan himbauan ini.

(Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini