Tercatat Tahun 2019, Disnakertrans Mitra Keluarkan 184 Kartu Kuning Tercatat Tahun 2019, Disnakertrans Mitra Keluarkan 184 Kartu Kuning - Media Independen

Iklan

TERKINI

Tercatat Tahun 2019, Disnakertrans Mitra Keluarkan 184 Kartu Kuning

indimanado.com
17 January 2020, 21:43 WIB Last Updated 2020-01-17T13:43:36Z
Kepala Disnakertrans Kabupaten Mitra, Jan Wawointana (Istimewa)

INDIMANADO.COM RATAHAN -Pengurusan kartu pencari kerja atau yang biasa disebut dengan kartu kuning, dari data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sepanjang Tahun 2019 sudah mengeluarkan ratusan kartu Angkatan Kerja (AK1).

Kepala Disnakertrans Kabupaten Mitra Jan Wawointana mengatakan, sepanjang tahun 2019 kami sudah mengeluarkan 184 AK1.

"Kartu kuning, merupakan kartu tanda pencari kerja yang dikeluarkan Disnakertrans yang ada disetiap daerah masing-masing," ujarnya.

Lanjut Wawointana, kartu tersebut banyak disalah artikan, dalam artian banyak orang yang mendengar kartu kuning langsung berpikir hal lain.

Sebenarnya kartu kuning tersebut dipergunakan apabila ingin melamar kerja di instansi dan perusahaan. "Kadang ada instansi mengharuskan adanya kelengkapan berkas, salah satunya AK1 tersebut," tukasnya.

Untuk awal tahun ini, belum ada masyarakat yang datang mendaftar terkait pembuatan AK1 tersebut.

Wawointana juga menambahkan, bagi masyarakat yang berniat ingin bekerja di luar negeri bisa datang ke Disnakertrans.

"Untuk kesempatan ini kami membuka diri bagi masyarakat yang ingin mencoba bekerja diluar negri. Apalagi ke Jepang, karena saat ini Pemerintah Provinsi Sulut sementara membuka kerjasama untuk peluang magang di Jepang," tukasnya.

Wawointana menuturkan, tahun 2019 lalu, sudah ada 4 orang yang direkomendasi pihaknya ke Pemerintah Provinsi Sulut untuk megang ke luar negeri. "Untuk tahun ini, bila ada yang ingin mencoba, bisa langsung menghubungi pihak DisnakerTrans Mitra," tutupnya.

(Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close