Minahasa Tenggara Lima Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK RI Minahasa Tenggara Lima Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK RI - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Minahasa Tenggara Lima Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK RI

13 May 2020 | 22:01 WIB Last Updated 2020-05-28T00:34:44Z
Dipersembahkan untuk rakyat, ‘Tangan Dingin’ JS mempercepat Kabupaten Mitra terdepan di Sulut



INDIMANADO.COM
- Minahasa tenggara (Mitra), kembali dianugerahi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan mempercepat daerah tersebut terdepan di Sulawesi Utara.

Hasil ini, mengukuhkan Mitra meraih opini tertinggi dari BPK lima kali secara beruntun, dan nyaris tanpa ada catatan. Capaian ini harus diakui tak terlepas dari ‘tangan dingin’ Bupati James Sumendap, yang sejak awal dirinya memimpin, menargetkan Minahasa Tenggara dapat keluar dari bayang-bayang opini disclaimer, sampai ke TW.

Capaian fenomenal yang dipersembahkan Bupati James Sumendap untuk seluruh rakyat Minahasa Tenggara, tanpa terkecuali.




Perlu diingat, sebelum Bupati James Sumendap memimpin, atau sejak Minahasa Tenggara dimekarkan pada tahun 2007, daerah ini seakan ‘nyaman’ dengan opini disclaimer. Bahkan sempat dikatakan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) yang nyaris gagal setelah dimekarkan.

Namun angin perubahan pun datang di tanah Tonsawang, Pasan, dan Ponosakan ini. Memimpin Minahasa Tenggara sejak akhir 2013, salah satu perubahan paling ‘radikal’ yang diambil Bupati yakni perubahan sistem pengelolaan keuangan, dari sebelumnya amburadul, mulai diarahkan ke taat aturan, akuntabel, dan sesuai Standard Akuntansi Pemerintah (SAP).

Hasilnya, LKPD tahun anggaran 2013, Minahasa Tenggara mendapatkan opini Tidak Wajar (TW), hasil terbaik sejak 2007. Berlanjut LKPD 2014, Minahasa Tenggara naik satu peringkat dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).





Upaya pembenahan yang terus dilakukan di segala sendi penyelenggara pemerintah di Minahasa Tenggara, akhirnya daerah ini mampu mencatat sejarah mendapatkan opini WTP untuk LKPD tahun anggaran 2015.

Kerja tim yang digalakkan Bupati James Sumendap, terus memotivasi para jajarannya untuk terus berbuat lebih baik, dan Minahasa Tenggara terus meraih opini terbaik dari BPK sejak 2016, 2017, dan 2018. Sampai pada LKPD tahun anggaran 2019, Minahasa Tenggara mencatatkan rekor opini WTP kelima secara berturut-turut.
Hasil yang mensejajarkan bahkan menjadikan Minahasa Tenggara terdepan di antara kabupaten/kota di Sulawesi Utara.



BPK Anugerahkan Minahasa Tenggara Opini WTP Lima Kali Beruntun

Hasil ini pun, menjadi harapan bersama bagi seluruh rakyat untuk terus mendukung dan menyukseskan setiap program pemerintah daerah, dalam upaya memajukan Kabupaten Minahasa Tenggara.


Dengan meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-5 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapat apresiasi dan pujian dari Gubernur Sulut, toko masyarakat, DPRD Mitra serta LSM anti korups. Dan ini kata mereka:

– Gubernur Sulut Olly Dondokambey : berterima kasih karena apa yang sudah dikerjakan oleh BPK Perwakilan Sulut dan seluruh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara lebih khusus Kabupaten Minahsa Tenggara (Mitra) bisa berjalan dengan baik berkat Tuhan Yang Maha Esa.



BPK Anugerahkan Minahasa Tenggara Opini WTP Lima Kali Beruntun

– Marty Ole Ketua DPRD Mitra: Memang sangat membanggakan. Dan tentunya ini bukan diraih secara sekejap saja. Semua berkaitan dengan program yang diraih Pemerintah, dimana program tersebut unggul di kabupaten lainnya. Contohnya yang terbaik saat ini, yakni pencegahan korupsi.

– Drs Jeremia Damongilala Msi ) mantan Wabup Mitra: Hal yang sangat menarik bagi saya ialah ketika prestasi 5 kali WTP dari BPK bersanding dengan capaian MCP (Monitoring Center of Prevention) 91% oleh KPK, tertinggi di Sulut dan menjadikan Mitra sebagai contoh dalam pencegahan korupsi oleh KPK. Prestasi Bupati JS ini menjadikannya sangat istimewa dibanding kepala daerah yang lain.

– Ketua komisi I DPRD Mitra Artly Kountur: Tidak dipungkiri, dan harus diakui Minahasa Tenggara lima kali mendapatkan WTP secara berturut-turut bukan urusan yang mudah. Bupati James Sumendap mampu membawa Minahasa Tenggara ke era emas yang diimpikan setiap rakyat.

– Djefry Oding Rantung (Ketua Minahasa Tenggara Corruption Watch (MTCW) : prestasi Bupati dua periode ini mampu menyaingi prestasi mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (BTP).

Berikut Capaian Opini BKP-RI untuk Minahasa Tenggara:

2007 – Disclaimer
2008 – Disclaimer
2009 – Disclaimer
2010 – Disclaimer
2011 – Disclaimer
2012 – Disclaimer

2013 – Tidak Wajar

2014 – WDP
2015 – WTP
2016 – WTP
2017 – WTP
2018 – WTP
2019 – WTP

(advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close