Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang

7 December 2020 | 14:06 WIB Last Updated 2020-12-07T07:05:25Z
Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang


MANADO - Kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw kurun waktu lima tahun membawa perubahan besar di Sulawesi Utara (Sulut). Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven berhasil menghentar Pemerintah Provinsi Sulut dalam meraih pencapaian di berbagai bidang.

Semua capaian ini ditetapkan sejak awal yang dituangkan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw lewat visi misi, dengan juga dukungan masyarakat Sulut.

Visi tersebut adalah terwujudnya Sulut Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Pemerintahan dan Politik, serta Berkepribadian Dalam Berbudaya.

Visi ini dijabarkan melalui tujuh misi. Yang pertama, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan sumber daya kemaritiman, serta mendorong sektor industri dan jasa.
Kedua, memantapkan SDM dan berdaya saing. Ketiga, mewujudkan Sulut sebagai destinasi investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang
Presiden RI Joko Widodo bersama Gubernur Olly Dondokambey saat memantau Tol Manado-Bitung.


Keempat, mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri. Kelima, memantapkan pembangunan infrastruktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan. Keenam, mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur. Ketujuh, mewujudkan Sulut yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), semuanya bergerak cepat berpacu untuk menuntaskan program kegiatan yang terencana dalam visi, misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dan terbukti, visi dan misi tersebut mampu mendorong pembangunan Sulut di berbagai sektor. Keamanan dan kerukunan di daerah senantiasa stabil. Berdasarkan hasil survei dari Kementerian Agama RI, indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Sulawesi Utara berada pada peringkat keempat dari 34 provinsi di Indonesia.

Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang
Gubernur Olly Dondokambey dan Presiden RI Joko Widodo saat berada di lokasi KEK Pariwisata.


Keamanan dan kerukunan adalah modal dasar dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan sehingga harus terus dipertahankan.

Gubernur Olly dan Wagub Steven mampu membawa Sulut semakin dikenal dan lebih disegani, tetapi juga dapat mendukung perekonomian dan investor untuk berinvestasi.

Dilihat secara makro, perkembangan Sulut menunjukkan progress yang positif. Pertumbuhan ekonomi daerah dari tahun 2016 hingga tahun 2019 selalu berada diatas 6 persen dan juga berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Capaian yang paling signifikan adalah penurunan angka kemiskinan melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Sebelum itu, kemiskinan di Sulut berada pada angka 8,98 persen. Sampai akhir tahun 2019, berhasil menurunkan 1 digit angka kemiskinan mencapai 7,51 persen.

Kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Steven Membawa Pembangunan Sulut Maju Diberbagai Bidang
Job Fair yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara setiap tahun. (ist)


Penurunan angka kemiskinan telah menjadikan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan mendulang sukses, bahkan telah menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pemerintah Daerah serta Penghargaan Adhi Purna Prima Award, sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah se-pulau Sulawesi.

Masyarakat juga patut berbangga karena buah dari upaya mengendalikan inflasi dan gejolak harga di daerah, telah turut menjadikan Sulut sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflasi daerah. Secara year on year, inflasi di Sulawesi Utara pada akhir tahun 2019, masih terkendali dan sesuai dengan target provinsi dan nasional, yakni 3 persen.

Kemudian, Gubernur Olly dan Wagub Steven juga mampu meningkatkan dan mempertahankan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah ini. Dari angka 71,05 di tahun 2016 menjadi 72,20 pada tahun 2019. Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) terus mengalami peningkatan. Terlebih Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang di atas 100 persen.

Selain itu, progres pembangunan sektor pariwisata Sulut juga patut bersyukur karena terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sarana dan prasarana pendukung di sektor pariwisata harus terus dibenahi, terlebih pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang yang telah ditetapkan sebagai salah 1 dari 5 destinasi super prioritas di Indonesia.

Sangat dibutuhkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat agar pembangunan di Sulawesi Utara terus berjalan optimal. Gubernur dan Wagub dalam setiap kesempatan selalu mengajak segenap komponen masyarakat untuk terus bersinergi, melahirkan inovasi-inovasi konstruktif, menghasilkan terobosan-terobosan dan lompatan-lompatan strategis untuk memacu berbagai sektor pencapaian yang ada, dan membawa Sulut semakin hebat lagi.

(Advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close