Samuel Montolalu Sebut Bantuan UMKM di Mitra Sarat Masalah Samuel Montolalu Sebut Bantuan UMKM di Mitra Sarat Masalah - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Samuel Montolalu Sebut Bantuan UMKM di Mitra Sarat Masalah

22 January 2021 | 21:19 WIB Last Updated 2021-01-25T13:21:57Z
Samuel Montolalu Sebut Bantuan UMKM di Mitra Sarat Masalah
Semuel Montolalu. Istimewa


INDIMANADO.COM - Penyaluran Bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diduga masih bermasalah.

Ketua Komisi II bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Minahasa Tenggara (Mitra) Semuel Montolalu mengatakan, bantuan UMKM di lapangan masih banyak masalah.

“Bantuan UMKM itu blunder. Lihat saja di lapangan, terlalu banyak masalah yang terjadi. Titik awal dari seluruh masalah ini ada pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama penerima yang berbeda,” ungkap Semuel Montolalu, Rabu (20/1/2021) pekan ini.

Padahal menurutnya, data yang dikirim oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mitra sudah sesuai dengan NIK dan nama penerima yang didaftarkan.

“Ketika data tidak sesuai, Bank BRI sebagai penyalur tidak melayaninya. Nah, yang salah siapa dan ada apa di balik itu? Ini terindikasi ada kejanggalan,” pungkas Ketua Fraksi PDI Perjuangan Mitra.

Selain itu, ada juga kasus penyaluran bantuan UMKM yang ditahan oleh pihak Bank penyalur karena terindikasi memiliki masalah dengan perkreditan.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Belang, ada warga yang namanya sudah keluar sebagai penerima namun dana transfer tidak bisa diterima di Bank BRI di kecamatan tersebut karena untuk pengambilan terdaftar di Bank BRI cabang yang lain di luar daerah.

“Harusnya BRI wajib memberikannya karena itu bantuan. Makanya solusi yang terbaik bantuan UMKM ini hanya lewat Dinas Koperasi dan UMKM agar tepat sasaran, serta tidak sarat masalah seperti sekarang ini,” tutupnya.

(*/Bill)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close