Bandara Sam Ratulangi Manado Siapkan Fasilitas Pemeriksaan COVID-19 Menggunakan GeNose C-19 Bandara Sam Ratulangi Manado Siapkan Fasilitas Pemeriksaan COVID-19 Menggunakan GeNose C-19 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bandara Sam Ratulangi Manado Siapkan Fasilitas Pemeriksaan COVID-19 Menggunakan GeNose C-19

28 April 2021 | 14:10 WIB Last Updated 2021-04-28T06:10:21Z

 

Simulasi Pemeriksaan COVID-19 Menggunakan GeNose C-19 di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado (Foto Istimewa)

INDIMANADO.COM, Manado - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mulai menyediakan fasilitas pemeriksaan COVID-19 menggunakan GeNose C-19 sebagai syarat perjalanan bagi penumpang pesawat mulai Kamis (29/4/2021) esok. Fasilitas ini disediakan sejalan dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 tahun 2021. 


Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono mengatakan sebelum diimplementasikan kepenumpang, terlebih dahulu dilakukan simulasi khusus staf dan stakeholder terkait 


"Pada simulasi hari ini baru dilakukan pada sekitar 20 orang, yang diawali oleh General Manager Bandara Sam Ratulangi serta stakeholder terkait  yang bersedia untuk dilakukan tes GeNose C-19, diantaranya perwakilan Otoritas Bandara, Imigrasi, KKP, Polsek bandara, airlines dan karyawan operasional yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa bandara khususnya penumpang," tutur Yanti, Rabu (28/4/2021).


Untuk fasilitas dan peralatan yang disediakan kata Yanti yaitu lima unit mesin GeNose, tiga bilik pemeriksaan, area ruang konsultasi, tenaga medis, tenaga administrasi dan petugas umum yang bertugas mengatur antrean, kursi tunggu, dan satu unit TV peraga.


"Untuk pelaksanaan pemeriksaan ini akan kami laksanakan besok, Kamis 29 April 2021," kata Yanti


Sebagai Implementasi awal ke penumpang, setiap harinya AP 1 Bandara Sam Ratulangi menyediakan sekira 200 kantong yang nantinya akan dievaluasi kembali jika ada perkembangan lebih lanjut terkait pemeriksaan GeNose C-19 tersebut. Lokasi fasilitas tes ada di lantai dua terminal Bandara Sam Ratulangi, di samping fasilitas pemeriksaan Rapid test Antigen dan PCR test.


"Semoga dengan adanya tes GeNose C-19 ini bisa mempermudah para penumpang, karena selain harganya murah prosesnya juga cepat dan hasilnya bisa keluar dalam waktu 15 - 30 menit kemudian," ujar Yanti


Untuk pemeriksaan menggunakan GeNose C-19 memiliki persyaratan khusus, di mana sebelum menjalani pemeriksaan penumpang wajib membawa KTP dan Tiket serta berpuasa selama minimal 30 menit tidak boleh makan, minum dan merokok. Jika tidak sempat melaksanakan ketentuan tersebut maka penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan Rapid test Antigen.


(ss)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close