Valdy Suak: Perusahaan Tambang Wajib Utamakan Perekrutan Tenaga Kerja Lokal Valdy Suak: Perusahaan Tambang Wajib Utamakan Perekrutan Tenaga Kerja Lokal - Informasi Seputar Indonesia

TERKINI

Iklan

Valdy Suak: Perusahaan Tambang Wajib Utamakan Perekrutan Tenaga Kerja Lokal

indimanado.com
9 April 2021, 20:46 WIB Last Updated 2021-04-09T12:46:09Z
Valdy Suak. Istimewa


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Adanya sejumlah perusahaan tambang di Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi perhatian berbagai pihak. Tak terkecuali oleh Aliansi Masyarat Lingkar Tambang Ratatotok (AMALITRA).

Valdy Suak, Ketua AMALITRA mengatakan bahwa salah satu yang perlu diperhatikan perusahaan-perusahaan tambang tersebut yakni soal tenaga kerja lokal.

“Itu sudah keharusan. Perusahaan wajib mengutamakan warga lokal dalam mengisi berbagai posisi dalam perusahaan,” katanya.

Suak mengaku, sebagai perpanjangan lidah masyarakat lingkar tambang, ia selalu berkomunikasi dengan pihak perusahaan.

“Saya selalu meminta transparan dalam melakukan rekrutmen. Tak hanya itu, saya ingatkan agar utamakan warga lokal,” ungkapnya.

Menurutnya, perusahaan bisa merekrut dari luar, jika keahlian yang dibutukan, tidak ada pada masyarakat lingkar tambang.

“Jika di lingkar tambang tidak ada keahliannya, silakan saja dari luar. Jadi kalau ada (tenaga kerja lokal), jangan paksakan dari luar,” jelasnya.

Ia menegaskan, agar hal itu diperhatikan, jika tidak, bisa menjadi kecemburuan sosial.

(Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini