HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Sulut Sederhana Namun Penuh Khidmat HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Sulut Sederhana Namun Penuh Khidmat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Sulut Sederhana Namun Penuh Khidmat

18 August 2021 | 20:09 WIB Last Updated 2021-08-18T12:09:10Z


INDIMANADO.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar upacara bendera penuh kesederhanaan namun tetap khusyuk, khidmat dengan kobaran semangat membara tanpa mengurangi sedikitpun spirit juang dan makna kemerdekaan.

Meski merayakan dimasa pandemi Covid-19 tahun kedua, namun peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tetap khidmat dengan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri peserta secara luring dan daring dengan disiarkan secara langsung oleh TVRI, RRI serta youtube Pemprov Sulut.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kenaikan Bendera dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus tahun 2021 di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Selasa (17/08/2021) pagi.

Sementara Letkol Sus Toni Atmaja dari Akademik Angkatan Udara, Kasie BMP Dislog Lanud Samratulangi bertindak sebagai Komandan Upacara.


Pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Silangen dan Pengibaran bendera Merah Putih Dilakukan dari pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) di bawah komando Lettu Sus Gede Dylan Pratama Wijaya dari Akademik Angkatan Udara.

Detik-detik proklamasi kemerdekaan untuk mengenang para pahlawan bangsa oleh seluruh peserta dan tamu undangan berdiri siap, tegak sambil tertunduk pertanda hormat bagi para pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.


Melanjutkan perjuangan para pendahulu dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan disegala bidang. Waluapun di tengah pandemi Covid-19 namun tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI kali ini "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" telah mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw memberikan bantuan kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulawesi Utara sebesar Rp. 500.000 Per/orang.


Kali ini, Pemerintah Provinsi Sulut mengucurkan bantuan sekira Rp300 juta untuk bantuan kepada 600 orang anggota LVRI Sulawesi Utara.

Sekretaris DPD LVRI Sulawesi Utara (Sulut), Jhony Lumingkal mengatakan, tahun ini sudah kali ketiga bantuan diberikan. Di momen HUT kemerdekaan ini, Iapun menyampaikan seruan semangat 45 khusus bagi generasi muda.


“Harapan saya generasi penerus bangsa bisa melaksanakan tanggung jawab sebagai anak bangsa, meneruskan cita – cita leluhur kita menjadi bangsa merdeka, adil dan berdaulat,” ajak Lumingkal.

Usai upacara kepada media, Gubernur Olly yang didampingi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw menyampaian ajakan kepada masyarakat Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa Pandemi Covid-19 berlangsung.


“Kita semua patut mematuhi Protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, sekaligus kita bersyukur karena meski di tengah pandemi Covid-19, ekonomi kita di Sulut bisa bertumbuh positif,” kata Gubernur Olly.

Olly menambahkan, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara pada tahun medio 2021, sebagaimana dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, terbilang tinggi pada kuartal II-2021 (tumbuh 8,49 persen year on year). Selain itu, top eksekutif Sulut ini juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan toleransi di Sulut.

Hadir dalam upacara ini Forkopimda Prov Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta Istri, Sekdaprov Edwin Silangen beserta Istri, Ketua dan Anggota Dewan Provinsi Sulut, Forkopimda, Perwakilan dari Perbankan/instansi Vertikal serta para Asisten dan perwakilan Pejabat Esalon 2 Pemprov Sulut.


Penyerahan Remisi bagi Narapida dan Anak di Sulut 

Bagian lain dari rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), juga dikakukan dengan menyerahkan remisi bagi Narapidana dan Anak di Sulawesi Utara (Sulut).

Pemotongan masa tahanan yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI itu pun diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw di Graha Gubernuran Sulut di Bumi Beringin Kota Manado, Selasa (17/08/2021) siang.


Seperti dituliskan melalui laman media sosial facebook Steven Kandouw, Ia (Kandouw, red) memberikan harapan serta motivasi bagi para napi untuk selalu berbuat baik.

Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Kiranya dengan adanya pemberian Remisi ini, Warga Binaan Pemasyarakatan agar terus menerus berupaya memperbaiki diri, karena semakin cepat mereka merubah perilakunya menjadi baik maka dapat lebih cepat pula mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat.


Upacara Penurunan Bendera

Sama seperti pelaksanaan upacara pengibaran bendera di pagi hari. Digelar sederhana dan virtual dengan mengikuti protokol Covid-19 sehingga menjadi terbatas namun tidak mengurangi sedikitpun spirit juang dan makna kemerdekaan.

Tepat pukul 17.00 Wita, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara penurunan bendera di halaman Kantor Gubernur Sulut, Selasa (17/08/2021) sore.


Diketahui dalam rangkaian peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, sehari sebelumnya, Senin (16/08/2021) Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw telah menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT Proklamasi RI ke-76 di TMP Kairagi, Manado.

Dalam upacara yang juga dapat disaksikan secara virtual tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Warenei Mamahit bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam kesempatan tersebut, ia membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolda Sulut, Ketua DPRD Sulut, serta para pimpinan dan jajaran TNI/Polri di Sulawesi Utara.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat diikuti secara virtual oleh masyarakat sulawesi utara melalui Youtube Pemprov, Siaran Langsung RRI dan TVRI.

Berkibarlah Bendera Negeri Ku

(Advetorial Diskominfo Pemprov Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close