Ombak dan Banjir Rob di Pesisir Manado, BMKG Peringatkan Waspada Ombak dan Banjir Rob di Pesisir Manado, BMKG Peringatkan Waspada - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ombak dan Banjir Rob di Pesisir Manado, BMKG Peringatkan Waspada

8 December 2021 | 02:50 WIB Last Updated 2021-12-08T14:55:28Z
Foto amatir


MANADO, (indimanado.com) – Banjir rob menghantam wilayah pinggiran pantai Kota Manado, Selasa (7/12/2021).

Tersorot beberapa titik yang terdampak yakni Kawasan Megamas dan Manado Town Square (Mantos).

Dalam video yang viral di media sosial nampak kendaraan kesulitan melewati bagian belakang Mantos  yang berhadapan langsung dengan pantai. Kerasnya ombak beberapa kendaraan terseret.

Sementara di Kawasan Megamas tepatnya di sekitar Jangkar Sandar sejumlah nelayan sudah membopong perahu yang biasa mereka gunakan melaut ke badan jalan agar tidak rusak dihantam ombak.

Air laut juga sudah meluber sampai ke jalan di sekitar McDonald Kawasan Megamas.

Dari siaran pers yang dibagikan oleh BMKG Maritim Bitung, fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) dan peningkatan gelombang laut berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Berdasarkan pantauan data water level, prediksi pasar surut dan model gelombang laut, bajir pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah pesisir Sulawesi Utara dan Gorontalo pada tanggal 6-9 Desember.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” pungkas BMKG. (*/Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close