Pemprov Sulut Terbaik Kedua Nasional Pencegahan Korupsi Pemprov Sulut Terbaik Kedua Nasional Pencegahan Korupsi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemprov Sulut Terbaik Kedua Nasional Pencegahan Korupsi

9 December 2021 | 18:34 WIB Last Updated 2021-12-09T10:35:54Z


MANADO, (indimanado.com) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penilaian terhadap upaya pemerintah daerah dalam upaya pencegahan korupsi.

Dalam penilaian ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menempati urutan kedua terbaik nasional atau se Indonesia.

Penilaian tersebut disampaikan Lembaga Antirasuah pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi secara virtual, Kamis (9/12/2021).

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw mengikuti langsung peringatan Harkodia di Command Center Kantor Gubernur Sulut.

Kandouw mengatakan prestasi tersebut patut menjadi daya dorong bagi seluruh ASN Pemprov Sulut.

“Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi kita semua untuk menciptakan good and clean governance. Jadi tidak hanya bendahara dan Kuasa Pengguna Anggaran dan PPK, tetapi kita semua harus berpikir good and clean governance,” katanya.

Dalam penyampaian KPK itu, Pemprov Jawa Barat menempati urutan pertama.

Sebagaimana diketahui, Monitoring Center for Prevention (MCP) adalah salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi di daerah.

MCP adalah aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dioperasikan salah satunya oleh pemerintah daerah.

Sistem MCP juga merupakan bentuk implementasi mitigasi atas resiko korupsi melalui pemantauan perbaikan dalam 7 area rawan korupsi dan 1 area penguatan institusi.

Menurut Kepala Inspektorat Daerah Provinsi Sulut, Meiki Onibala, komitmen dalam pencegahan korupsi Pemprov Sulut terus dijaga, agar tercipta tata kelola pemerintahan yang baik.

"Pada tahun 2020, MCP Pemprov Sulut rangking 2 tingkat nasional, dan MCP tahun 2021 rangking 2 tingkat nasional. Jadi Pemprov Sulut dua tahun berturut terbaik kedua," tutup Onibala.(alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close