Takjub Perjuangan Gubernur Olly Dondokambey Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi Takjub Perjuangan Gubernur Olly Dondokambey Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Takjub Perjuangan Gubernur Olly Dondokambey Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi

27 June 2022 | 15:54 WIB Last Updated 2022-06-27T08:03:32Z
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap, Wakil Ketua Panitia yang juga anggota DPRD Sulut, Rocky Wowor dan Sekretaris Panitia, Michael Umbar saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. Foto Istimewa

JAKARTA, (indimanado.com) - Gubernur Olly Dondokambey (OD) menunjukan komitmennya dalam memajukan masyarakat dan Provinsi Sulawesi Utara tercinta dengan terus melakukan berbagai inovasi termasuk menggagas kembali even internasional di Bumi Nyiur Melambai.

Kali ini bertajuk 'Likupang North Sulawesi International Fishing Competition' memperebutkan Piala Presiden direncanakan akan gelar pekan kedua bulan September 2022 di Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan kota Manado.

Gubernur Olly Dondokambey saat bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu S Trenggono. Foto istimewa

Yang menarik, agar even ini sukses serta berdampak pada kemajuan Sulut pasca pandemi khususnya, Gubernur Olly Dondokambey langsung melakukan lobi intens dengan sejumlah menteri terkait.

Ini dilakukan Gubernur Olly pada Jumat dan Sabtu di akhir pekan ini (24-25 Juni 2022).

Hasilnya? Sangat luar biasa! Tiga menteri langsung menyatakan dukungan penuh terhadap even berskala internasional tersebut.

Gubernur Olly Dondokambey saat bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Tohir. Foto istimewa

Ketiga menteri itu adalah Menko Marves (Maritim dan Investasi) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono dan Meneg BUMN Erick Tohir.

Ketiganya oleh Gubernur OD ditemui secara terpisah di ruang kerja masing-masing. Ketiga menteri saat ditemui pun langsung menyatakan antusiasme sekaligus mendukung penuh pelaksanaan kegiatan spektakuler ini.

Gubernur Olly Dondokambey dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat menghadiri pertemuan stakeholder pariwisata di Sulawesi Utara. Foto istimewa

Sebelumnya Gubernur Olly telah menyampaikan surat untuk Menko Marves (Maritim dan Investasi) Luhut Binsar Panjaitan melalui Menteri Kelautan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono terkait dukungan terhadap event pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Menurut Olly Dondokambey dalam surat tersebut, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terpukul pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berbincang bersama Gubernur Olly Dondokambey saat meninjau KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Minahasa Utara. Foto istimewa

Aspek yang paling terlihat adalah turunnya jumlah wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia yang berakibat pula pada turunnya pendapatan negara.

Pemerintah melalui kementerian terkait berusaha untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dengan fokus kepada lima destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Likupang di Kabupaten Minahasa Utara.

Gubernur Olly Dondokambey saat melihat salah satu plot wisata di Likupang. Foto istimewa

Orang nomor satu di Sulut ini berharap melalui Likupang North Sulawesi International Fishing Competition dapat membantu meningkatkan kunjungan pariwisata dan juga meningkatkan pendapatan daerah, hingga menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal.

Terlebih dengan keikutsertaan tidak kurang dari 500 peserta (pemancing) skala nasional dan internasional, seperti dari negara Singapura, Perancis, Jerman, Korea, serta Australia.

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat melihat spot wisata Sulawesi Utara. Foto istimewa

"Demi menyukseskan kegiatan tersebut, kami Pemerintah Sulawesi Utara  memohon support dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam berbagai bentuk.

"Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Pemerintah Indonesia," tulis Gubernur Olly Dondokambey dalam surat tersebut.

Salah satu spot wisata di Likupang, Minahasa Utara. Foto istimewa

Terungkap juga dalam surat kepada Menteri Luhut, Olly optimistis kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi Kementerian terkait untuk ikut bersinergi membantu mengembangkan pariwisata dan perekonomian di daerah.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat berada di Sulawesi Utara di dampingi Gubernur Olly Dondokambey. Foto istimewa

Bahkan bisa juga sebagai sarana dalam menyampaikan dan melaksanakan program-programnya.

Hadir mendampingi roadshow Gubernur Olly Dondokambey menemui ketiga menteri tersebut saat itu, yakni Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap, Wakil Ketua Panitia yang juga Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor dan sekretaris panitia Michael Umbas. (Advetorial Diskominfo Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close