Unsrat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022 Unsrat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Unsrat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022

31 January 2023 | 23:23 WIB Last Updated 2023-02-16T09:28:01Z
Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie MEng saat menerima penghargaan. Istimewa

JAKARTA, (Indimanado.com) – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) berhasil menyabet juara II
Pengelolaan Pojok Statistik perguruan tinggi tahun 2022.

Untuk mendapatkan penghargaan National Award tersebut, Unsrat bersaing ketat dengan 82 perguruan tinggi ternama.

Penghargaan diterima langsung oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie MEng, yang secara khusus diberikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat di Jakarta pada Senin (30/1/2023)

Penyerahan penghargaan turut disaksikan Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas. Pada agenda yang sama, juga dilakukan launching Reformasi Birokrasi 2023 dengan tema Kolaborasi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor Unsrat dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Rektor Dr.Ronny Maramis SH MH, dan Prof. Dr. Ir. Sangkertadi DEA.

Penghargaan juga diberikan kepada BPS Sulawesi Utara yang diterima Asim Saputra, Kepala BPS Sulawesi Utara, di mana BPS Sulut menjadi Mitra Unsrat dalam berkolaborasi.

Unsrat sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur senantiasa mengembangkan diri melalui kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain dengan BPS.

BPS adalah lembaga negara yang memang memiliki tupoksi dalam menyensus, mengoleksi dan mengelola berbagai data untuk kepentingan akademik dan pembangunan.

Karena itu, Unsrat berkepentingan untuk bekerja sama dengan BPS untuk pengembangan bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unsrat Prof Berty, mengatakan Pojok Statistik di Unsrat merupakan pusat pengelolaan data dan informasi statistik yang bersumber dari BPS.

“Fasilitas ini berdiri pada tahun 2022, segera setelah di tandatangai MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan BPS Sulut pada tahun 2021,” ujarnya.

Pojok Statistik Unsrat, sebutnya, dipimpin oleh Dr. Deiby Salaki SSi MSi dari FMIPA.

Setelah peresmian Pojok Statistik pada 5 Oktober 2022, tim yang dipimpin oleh Dr.Deiby Salaki langsung melakukan pergerakan taktis dengan mengikuti pameran di Mantos, pada akhir Oktober 2022.

Tujuannya, untuk memasyarakatkan statistik bagi kalangan umum. Kemudian juga menyelenggarakan seminar nasional dengan nara sumber ahli statistik dari BPS. Selain itu, sejumlah mahasiswa Unsrat juga dinobatkan sebagai Duta Statistk dalam melayani proses pendataan, pengolahan data atau distribusi data bagi kalangan umum maupun pihak tertentu yang menbutuhkan.

Ia berpesan agar fasilitas Pojok Statistik bukan nantinya hanya sekedar dipelihara namun juga harus terus dikembangkan melalui kerja sama yang lebih erat dengan BPS. Selanjutnya Pojok Statistik Unsrat juga harus berperan membantu pembangunan Provinsi Sulawesi Utara melalui pengolahan data data akurat yang dikelola.

“Kini para mahasiswa, dosen dan peneliti Unsrat dalam mencari data data untuk pembelajaran maupun penelitian, tidak perlu jauh jauh pergi ke tempat lain, namun cukup datang ke Pojok Statistik atau mengkakses melalaui jaringan internet yang terhubung,” pungkasnya. (*/ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close