Wagub Kandouw Optimis Politeknik Nusa Utara Ciptakan SDM Berkualitas di Masa Depan Wagub Kandouw Optimis Politeknik Nusa Utara Ciptakan SDM Berkualitas di Masa Depan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wagub Kandouw Optimis Politeknik Nusa Utara Ciptakan SDM Berkualitas di Masa Depan

1 February 2023 | 12:59 WIB Last Updated 2023-02-01T08:08:26Z
Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw saat memberikan sambutan pada peresmian Politeknik Nusa Utara.

SANGIHE, (Indimanado.com) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw mengatakan pembangunan di daerah selalu diukur dan evaluasi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Menurut Wagub Kandouw, ada 3 dimensi yang harus diperhatikan yakni kesehatan, pendidikan dan kelayakan hidup.

"Proxitas dan caulitas, dengan ketiga dimensi tersebut antara lain adalah keberadaan Politeknik Nusa Utara ini. Jadi sudah jelas ini membantu Sulut dan Sangihe untuk meningkatkan keberadaan Indeks Pembangunan Manusianya. Itu idealnya," ujar Wagub Kandouw di peresmian Politeknik Nusa Utara (Polnustar) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (31/1/2023).

Kandouw mengatakan, saat ini jumlah penduduk Sangihe sekitar 400 ribuan dan Sulut 2,7 juta jiwa, berarti sekitar 1 persen dari seluruh penduduk Indonesia berjumlah 270an juta jiwa dan cara pandang yang 0,5 persen. 


"Sudah menjadi doktrin Pak Presiden bahwa bangsa ini harus mampu bersaing di dunia internasional. Nah, salah satu cara terbaik, tidak lain adalah melalui peningkatan dunia pendidikan. Saya optimis melalui Polnustar ini akan menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik di masa depan. Pendidikan harus sama kualitasnya. Itu menjadi tugas berat dari pendidik. Civitas akademika jangan sia-siakan," ucapnya. 

Wagub menjelaskan, Politeknik di seluruh Indonesia hanya 40 dan salah satunya di Nusa Utara. Ia meminta agar tetap fokus dengan apa yang telah ada. 

"Jangan belum apa-apa sudah mau bikin Fakultas Kedokteran. Tiga ini sudah luar biasa yakni keperawatan, perikanan dan Informasi Teknologi. Mari fokus," papar lulusan Fisipol Universitas Indonesia (UI) ini. 

Berdirinya Polnustar ini menjadi bukti bahwa Pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) terus berkomitmen melaksanakan visi misi lewat delapan program prioritas. Dimana, dari delapan program prioritas Guberbur Olly, nomor satu adalah pembangunan SDM. Wagub Kandouw kemudian meminta agar komitmen membangun dunia pendidikan di Sulawesi Utara tidak perlu diragukan.


"Tidak usah ragu komitmen dari pusat dan provinsi untuk pendidikan. Kami berharap dari Polnustar ini lahir lulusan-lulusan berkualitas yang mumpuni nantinya akan membantu pembangunan daerah, mengangkat harkat dan martabat masyarakat. Atas nama Pak Gubernur Olly Dondokambey dan seluruh masyarakat Sulut, mengucapkan selamat dan tetap semangat untuk lebih baik kedepannya," tandasnya.

Dirjen Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ibu Dr. Ir. Kiki Yuliati. Ketua DPRD Sulut, Fransiskus A Silangen dan Penjabat Bupati Sangihe, dr Riny Tamuntuan dan unsur pimpinan daerah serta tokoh masyarakat kabupaten Sangihe hadir dalam acara itu.(*/ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close