Prof Berty Sompie dan Ir Rita Tamuntuan Dorong Civitas Faperta Unsrat Semangat Menanam Prof Berty Sompie dan Ir Rita Tamuntuan Dorong Civitas Faperta Unsrat Semangat Menanam - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Prof Berty Sompie dan Ir Rita Tamuntuan Dorong Civitas Faperta Unsrat Semangat Menanam

15 April 2023 | 12:54 WIB Last Updated 2023-05-10T04:58:54Z
Ir Rita Tamuntuan dan Prof Berty Sompie saat akan melakukan penanaman kelapa. Istimewa

MANADO, Indimanado.com – Pembukaan Dies Natalis ke-63 Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) diwarnai semangat tinggi untuk mendukung program pemerintah yang familiar dengan sebutan ‘Mari Jo Ba Kobong‘.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng. IPU menyampaikan civitas akademika Unsrat sangat mendukung program unggulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang sangat kuat mendorong masyarakat untuk giat berkebun atau menanam.

Hal itu sangat berdampak positif bagi kelangsungan ketersediaan pangan, sekaligus juga akan mengantisipasi dampak inflasi.

“Tema “Mari Jo Ba Kobong” ini mencerminkan suatu ajakan untuk melakukan aksi kreatif dan inovatif yang secara langsung mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Khususnya di bidang pertanian,” kata Prof Sompie, Jumat (14/4/2023).

Ia juga mengajak civitas Faperta Unsrat bersama-sama menyusun strategi dan menetapkan langkah-langkah ke depan untuk terus meningkatkan capaian kinerja institusi.

“Terutama mencapai visi ke depan, yang akan menjadikan Unsrat sebagai institusi pendidikan yang unggul dan berbudaya menuju World Class University,” pungkassnya.

Gubernur Sulut, yang diwakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, Yeittij F. Roring SP mengatakan Pemprov Sulut memberikan apresiasi kepada Faperta yang concern mengajarkan mahasiswa tentang teknik dan strategi bidang pertanian yang baik dan benar.

“Sehingga mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan yang teoritis, tetapi juga dapat pengalaman praktis di lapangan,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa Gubernur Olly Dondokambey mengajak seluruh mahasiswa untuk mengambil bagian dalam membangun pertanian berkelanjutan di Sulut.

“Antara lain dengan melakukan penanaman pohon, mengadakan pelatihan pertanian organik dan memperkenalkan teknologi yang lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsrat, Ir. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan menyampaikan harapannnya.

“Saya maupun semua yang hadir turut serta mendukung dan memeriahkan, serta menyukseskan Dies Natalis ke-63 Faperta Umsrat. Ini sebagai bentuk sikap menjaga nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang selama ini harmonis dan saling menopang,” tandasnya.

Ia mengajak seluruh alumni untuk terus berkontribusi dalam pengembangan Faperta dan memperkuat ikatan kekeluargaan antara alumni dan Unsrat. (*/aj)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close