Akhirnya Kotak Suara Wanea Manado Dipindahkan ke Kantor Camat, Pleno Siap Digelar Akhirnya Kotak Suara Wanea Manado Dipindahkan ke Kantor Camat, Pleno Siap Digelar - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Akhirnya Kotak Suara Wanea Manado Dipindahkan ke Kantor Camat, Pleno Siap Digelar

17 February 2024 | 21:01 WIB Last Updated 2024-02-17T15:16:54Z
Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwascam Kecamatan Wanea, Rommy Korompis. Foto Ridho L. Tobing/Indimanado.com

Manado, Indimanado.com - Kotak suara pemilu se-Kecamatan Wanea yang sebelumnya ditempatkan di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara sejak Kamis 15 Februari 2024, sudah dipindahkan sepenuhnya ke Kantor Camat Wanea pada pukul 16.00 Wita, Sabtu (17/2/2024).

Panwascam Wanea turut mengawasi proses pemindahan ke 875 kotak suara yang dikawal ketat oleh pihak Kepolisian.

Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwascam Kecamatan Wanea Rommy Korompis mengatakan, "Untuk proses pergeseran logistik atau kotak itu dari Dinas Pariwisata Provinsi berjalan sebagaimana mestinya, karena kami sebagai pengawas juga ada mengawasi beserta pihak Kepolisian," ujar Korompis saat di jumpai Indimanado.com di Kantor Kecamatan Wanea, Sabtu (17/2/2024) sore.

"Pergeseran logistik mulai jam 8 pagi hingga pukul 16.00 (Wita). Jadi proses pengawalan itu cukup ketat, mengingat situasi kondisi yang ada, jadi pergeseran logistik dari pagi itu sesuai dengan mekanisme yang ada," kata Korompis

Korompis mengatakan bahwa pada proses pemindahan itu, Panwascam Wanea juga melibatkan para Panwas Kelurahan untuk turut mengawasi masing-masing Kotak Suara Kelurahannya.

"Kami dari Panwascam, ada Panwas Kelurahan juga mengawasi setiap (Kotak suara) Kelurahan mereka masing-masing," jelas Korompis.

"Sehingga sejauh ini tidak ada kendala sehubungan dengan fisik Kotak Suara yang dipindahkan," tandas Korompis.

Namun berdasarkan pengawasan yang dilakukan, Korompis menyampaikan proses pemindahan ini terkendala pada tenaga angkut logistik.

"Sejauh ini dari pergeseran yang ada tadi itu tidak ada kendala, fisik kotak juga tidak ada kendala, tapi kendalanya itu di tenaga untuk pengangkatan logistik, jadi agak pelan (lambat) sedikit untuk pengangkatan," akunya.

Suksesnya pemindahan Kotak Suara ke Kantor Camat Wanea ini mengartikan bahwa proses tahapan Pleno siap untuk digelar.

Sehubungan dengan hal tersebut, Korompis menginformasikan, "Kalau saya sudah berbincang dengan Ketua PPK, Ibu Desy Mewengkang menyampaikan bahwa plenonya itu besok hari Minggu tanggal 18 Februari 2924, dimulainya pada pukul 16.00 Wita, dimulai dengan 2 Kelurahan, karena mereka pakai sistem paralel. Jadi sekali pleno itu 2 Kelurahan," kata Korompis.

Informasi ini senada dengan keterangan tertulis  yang diterima Indimanado.com dari Ketua Bawaslu Kota Manado Brilliant Maengko melalui pesan Whatsapp bahwa pelaksanaan pleno Kecamatan Wanea akan dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Februari 2024.

Mengingat hal tersebut, Korompis menyatakan kesiapan Panwascam Wanea dan jajaran untuk menjalankan fungsi pengawasannya pada pleno yang besok akan segera bergulir.

"Kita sebagai pengawas pemilu, untuk pleno nanti itu 3 pimpinan Panwascam Wanea akan turun.
Namun kami juga menyampaikan kepada Panwas Kelurahan atau PKD serta PTPS yang ada untuk siap siaga apabila dibutuhkan dalam proses pleno ini," pungkasnya.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close