Fasilitasi UKM, DISKOP UKM Sulut Akan Adakan Mesin Pengemasan Fasilitasi UKM, DISKOP UKM Sulut Akan Adakan Mesin Pengemasan - Media Independen

Iklan

TERKINI

Fasilitasi UKM, DISKOP UKM Sulut Akan Adakan Mesin Pengemasan

indimanado.com
4 August 2018, 18:51 WIB Last Updated 2020-01-27T16:05:30Z
Pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat peserta diklat oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Pemprov Sulut, Ir Happy Korah MSi

INDIMANADO.COM, SULUT - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan pembinaan koperasi dan ukm.

Selain pembinaan lewat Diklat, Diskop UKM juga melakukan pembinaan langsung dalam rangka meningkatkan SDM setiap anggota dan pelaku ukm. Tidak hanya itu, upaya untuk meningkatkan SDM ini, Diskop UKM juga memfasilitasi para pelaku melakukan bimtek di daerah yang dinilai berhasil koperasi dan ukm-nya.

Kepala Diskop UKM Sulut, Ir Happy Korah MSi mengatakan memang untuk hasil produksi, ukm dari Sulawesi Utara masih kalah dari daerah seperti Bandung. Namun, hal ini menurutnya bukan berarti koperasi dan ukm Sulut tidak bisa bersaing.

Oleh karena itu, Diskop UKM terus lakukan upaya pembinaan. Dari evaluasi Diskop UKM, kwalitas produk ukm Sulut hanya jatuh pada kemasannya.

"Kalau soal rasa ukm kita tidak kalah, namun yang menjadi catatan soal kemasannya. Ini yang harus menjadi perhatian pelaku ukm, karena yang dilihat orang pertama bukan rasanya, tapi tampilannya," kata Korah saat memberikan arahan pada diklat pengawasan koperasi bagi pengelola koperasi/KUD sekaligus dengan diklat kewirausahaan pengembangan usaha industri kecil, Jumat (3/8/2018) kemarin.

Membenahi kekurangan ini, Diskop UKM Sulut mengirim perwakilan ukm untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Balatkop Bandung.

"Disana dia mengikuti pelatihan bagaimana cara pengemasan, termasuk alat yang cocok dipakai ukm Sulut," kata Korah.

Realisasi dari bimtek tersebut, Pemerintah Provinsi Sulut, melalui Diskop UKM pada APBD Perubahan akan menganggarkan satu mesin pengemasan.

"Ini realisasi bantuan pemerintah untuk membantu ukm di Sulut. Kami berharap hasil produksi ukm lebih baik, sehingga kedepan ukm Sulut bisa bersaing dengan produk daerah yang ada di Jawa," pungkas Happy Korah.

Mendampingi Kadis Happy Korah, Kepala UPTD Balatkop dan UKM Provinsi Sulut, Clara Andrentje Polii SE MSi dan Kepala Seksi Penyelenggara Pelatihan, Ir Constantijn M Simbala.

(alfa jobel)

Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close