HOME

DPRD Manado dan LPPM Unsrat Gelar Bimtek Bahas Tata Kelola Keuangan

LIPUTAN KHUSUS



INDIMANADO.COM, MANADO
- Pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) yang diberikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (LPPM Unsrat) di Hotel Mercure, Tateli, Senin (28/10/2019).

Wakil Ketua DPRD, Noortje Henny Van Bone saat membuka kegiatan mengatakan, bimbingan teknis ini merupakan kali pertama untuk anggota DPRD kota Manado periode 2019-2024.




Menurutnya, dalam bimtek ini akan dibahas tentang kebijakan penyusunan pengelolaan keuangan daerah berbasis zona integritas reformasi birokrasi dan tata penyusunan peraturan daerah.

“Oleh karena itu, tentunya diharapkan syarat akan asas manfaat yang amat berguna untuk menambah wawasan dan khasana pengetahuan bagi kita semua selaku anggota DPRD kota Manado,” ungkap Van Bone.




Van Bone juga berharap peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bisa menyerap semua materi yang akan diberikan oleh narasumber. “Semoga materi yang kita terima dalam kegiatan ini dapat berguna untuk dilaksanakan, dengan selalu berpedoman pada segala ketentuan maupun peraturan perundangan yang berlaku,” tutupnya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Manado, Hengky Noch Kawalo mengaku legislator perlu memahami pengelolaan pedoman keuangan yang di dalamnya ada peraturan pemerintah daerah yang baru. Dia mencontohkan PP 58 dan sekarang ada PP 12 tahun 2019.




“Untuk PP 12 tahun 2019 belum semua paham artinya, bagaimana mekanisme pengelolaan keuangan daerah yang kita pahami bersama karena dalam waktu dekat DPRD sebagai fungsi pengawasan akan membahas kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara,” terang dia.

Dia berharap bimbingan teknik ini menjadi spesial untuk anggota DPRD Kota Manado serta menjadi bekal berharga dalam pembahasan bersama nanti.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut adalah, Pembangunan Zona Integritas melalui Reformasi Birokrasi menuju Wilayah Bebas Korupsi oleh Muchsin SH MH dari Kejaksaan Tinggi Sulut. Kemudian materi Sistem Penguatan Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah oleh Dr Jemmy Sondakh SH MH dan Dr Danny R Pinansang SH MHum.




Selanjutnya materi Penyusunan APBD 2020 oleh Een Walewangko dan materi Hak dan Kewajiban Daerah dalam Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) no. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah oleh Michael Mamentu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris DPRD Manado Steven Rende SH MH, Kabag Novly Siwi SH, Kabag Jerry Lasut SH MH, serta sejumlah ASN dan THL dilingkup Sekretariat DPRD Manado. Kemudian Wakil Rektor 2 Unsrat Drs Ronny Maramis dan Ketua LPPM Unsrat Prof Charles Kaunang.

(Asrar)

Komentar