HOME

Desa Motoling Mawale Prioritaskan Dades Untuk Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

Ilustrasi/Istimewa

INDIMANADO.COM, AMURANG - Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Motoling Mawale Tahun 2019 diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat. Meski demikian, dana lainnya dibagi ke bidang penyelenggaraan pemerintah desa dan penyertaan modal Bumdes.

Menurut Hukum Tua Desa Motoling Mawale, Johnly Sembung, prioritas ini sudah sesuai aspirasi masyarakat yang disampaikan lewat musyawara desa.

“Jumlah Pagu DD dan ADD Desa Motoling Mawale sebagaimana tertuang dalam APBDes Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 1.252.757.719. Dan pembiayaan meliputi bidang penyelenggaraan pemerintah desa sebesar Rp 307.327.219, pelaksanaan pembangunan desa sebesar Rp 727.603.000307, bidang pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 132.827.500 serta penyertaan modal Bumdes Rp 85.000.000, ” terang Sembung.

Untuk pengawasannya, menurut Sembung, melibatkan masyarakat dan tak lepas pengawasannya juga. Selain itu, untuk pelaksanaan pengelolaan baik DD dan ADD, dirinya selalu mengedepankan transparansi dan aturan.

“Tujuannya agar setiap progres pekerjaan yang bersumber dari DD dan ADD diketahui masyarakat. Bukan hanya itu masyarakat turut serta dilibatkan dalam proses pembangunan. Sebab DD tujuan utama diperuntukan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

(*/tim)

Komentar