Instalasi Promkes RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Kesehatan Mata Instalasi Promkes RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Kesehatan Mata - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Instalasi Promkes RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Kesehatan Mata

7 April 2022 | 16:09 WIB Last Updated 2022-04-07T08:09:59Z
Kegiatan edukasi kesehatan bertajuk kelainan refraksi. Bekerjasama dengan bagian/KSM Mata digelar diruang tunggu rawat jalan poliklinik bedah. (foto istimewa)

MANADO, (indimanado.com) - Memperingati hari kesehatan sedunia setiap tanggal 7 April RSUP Prof dr R D kandou lewat Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran yang dikomandoi oleh dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH dengan tema Kelainan refraksi yang di gelar Kamis (07/04/2022).

Kegiatan edukasi kesehatan bertajuk kelainan refraksi. Bekerjasama dengan bagian/KSM Mata digelar diruang tunggu rawat jalan poliklinik bedah.

Dipandu oleh MC Christian Modeong, S.I.Kom dan dikuti oleh sejumlah pasien dan keluarga pasien serta pengunjung rumah sakit serta disajikan oleh para narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya.

Yakni dalam ranah ilmu kesehatan mata. Kelainan refraksi sendiri merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia.

Hal ini menjadi masalah dunia termasuk bagi masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Utara.

Dari segi dokter spesialis mata, dr Andrew Chietra, Sp.M Membawakan topik deteksi dini kelainan refraksi pada anak.

Dalam penjelasannya, dr Andrew mengingatkan kembali bahwa penurunan prestasi anak belum tentu karena gangguan kognitif atau intelegensi dari anak.

"Hal ini juga dapat disebabkan oleh karena gangguan refraksi yang diderita anak. Orang tua dan masyarakat sekitar memiliki peran penting dalam mendeteksi kelainan refraksi sejak dini," ujarnya.

Ditambahkannya, kelainan refraksi yang terlambat diatasi dapat mengakibatkan komplikasi lain seperti ambiopiA atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama mata malas.

"Kontrol rutin ke dokter mata dapat membantu Deteksi dini kelainan refraksi pada anak dan dapat dilakukan tatalaksana segera untuk menghindari komplikasi," jelasnya.


Penyuluhan berikutnya dilakukan oleh perawat mata Ns Christian Komaling, S.Kep. Ns Christian Membawakan topik perawatan mata pada penderita miopia. Penderita miopi yang memiliki resiko tinggi terjadinya kelainan mata lain misalnya ablasio retina, Neovaskularisasi, Dan glaukoma.

Yang mana komplikasi komplikasi tersebut dapat mengakibatkan kebutaan. Ns Christian juga mengingatkan mengenai trauma atau benturan pada mata yang dapat berbahaya bagi mata dengan kelainan miopia.

"Mata dengan kelainan miopia cenderung memiliki panjang bola mata yang lebih panjang daripada normal. Hal ini memberikan kerentanan tersendiri terhadap bola mata miopia.

Trauma atau benturan Memiliki resiko yang lebih besar terjadinya komplikasi seperti ablasio retina pada mata miopia dari pada mata normal. Oleh karena itu, Trauma atau benturan pada bola mata terutama mata myopia perlu dihindari karena berusaha terlalu keras,” jelas Ns Christian.

Kacamata adalah alat bantu yang bertugas untuk membantu penglihatan orang dengan kelainan refraksi.

Dengan menggunakan alat bantu ini diharapkan penulis akan dapat lebih nyaman dan mata tidak perlu bekerja lebih keras.

Salah satu bidang profesi dalam bidang ilmu kesehatan mata yang ikut turun langsung memberikan penyuluhan kepada ada pengunjung Rumah Sakit Kandou pada hari kesehatan sedunia ini ialah profesi refraksionis optisien.

Mochamad Sahroni, Amd, RO Yang juga Sekaligus Menjabat sebagai ketua ikatan refraksionis optisien Provinsi Sulawesi selatan Membawa penyuluhan berjudul Bagaimana memilih kacamata sesuai dengan bentuk wajah.

Dalam Paparannya, Mochamad Sahroni, Amd RO Atau yang lebih dikenal dengan nama Roni, Menyingkapkan rahasia memilih frame kacamata sesuai dengan bentuk wajah.

“Bentuk wajah manusia Beraneka ragam, Ada yang bulat ada yang kotak ada yang segitiga ada yang seperti dadu ada yang lonjong dan sebagainya, Pemilihan kacamata dapat membantu untuk meningkatkan kualitas estetika, Pemilihan kacamata membantu memperkuat karakter positif dan mengurangi karakter negatif dari bentuk wajah,” ujarnya.

Pemilihan kacamata juga berperan penting dalam kualitas penglihatan seseorang.

Dalam penyuluhan ini Roni Menjelaskan tips dan trik memilih kacamata dan juga menjelaskan Bagaimana mendeteksi kualitas optik yang baik. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close