Dansatgas TMMD Beri Perhatian Khusus Anak Dansatgas TMMD Beri Perhatian Khusus Anak - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dansatgas TMMD Beri Perhatian Khusus Anak

23 July 2023 | 18:52 WIB Last Updated 2023-07-23T10:52:23Z
Hari Anak Nasional dilatarbelakangi oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dimana ada aturan Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. (Foto istimewa)
Hari Anak Nasional dilatarbelakangi oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dimana ada aturan Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. (Foto istimewa)

MANADO, Indimanado.com - Progam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1309/Manado yang dilaksanakan di Kampung Lahendong Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget Kota Manado selama 30 hari penuh, dengan tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat, Minggu (23/7/2023).

Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli. Untuk tahun 2023 ini merupakan peringatan yang ke-39 dengan setiap tahunnya Hari Anak Nasional memiliki tema yang berbeda-beda. Hari Anak Nasional 2023 memiliki tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Hari Anak Nasional dilatarbelakangi oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dimana ada aturan Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Indonesia Maju, Pemerintahan Jokowi telah mencanangkan sejumlah program menuju Indonesia Emas 2045.

Sejalan dengan itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 1309 Manado memberikan pengobatan gratis kepada anak-anak kampung Lahendong Kota Manado sejalan dengan program Dandim menuju Manado Emas dengan peningkatan sumber daya manusia melalui Anak yang sehat, tumbuh dan berkembang.

Saat dilokasi Dansatgas TMMD Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) yang juga Dandim 1309/Manado dirinya mengatakan kita akan menuju Indonesia Emas 2045, atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar.

"Kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan serta kesehatan. Karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang nantinya terampil saat berada di tahun 2045 nanti," kata Dansatgas.

Karena itu maka peningkatan sumber daya manusia, mencakup pengetahuan dan keterampilan serta kesehatan yang harus disiapkan dari saat ini.

"Termasuk mulai dari kalangan anak-anak yang sementara duduk di bangku SD dan SMP yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu," ungkap Dandim sembari memberikan penjelasannya.

Sejalan dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas itu, Dansatgas mengatakan jajaran Kodim 1309 Manado juga meniti jalan menuju Manado Emas dengan menyiapkan anak usia sekolah khususnya SD dan SMP dengan sumber daya manusia yang memadai. Termasuk anak-anak dengan bertepatan Hari Anak Nasional 2023 melalui pengobatan gratis.

“Kami ingin menciptakan ruang berkualitas dalam rangka meningkatkan pengasuhan keluarga sebagai upaya pencegahan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dengan memberikan edukasi baik untuk anak maupun orang tua (lingkungan) dengan sentuhan dari Anggota Satgas TMMD 117 Kodim 1309/Manado," pungkas Dandim 1309/Manado. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close