PT PLN Berupaya Tingkatkan Keandalan Listrik KEK dan DPSP Likupang PT PLN Berupaya Tingkatkan Keandalan Listrik KEK dan DPSP Likupang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PT PLN Berupaya Tingkatkan Keandalan Listrik KEK dan DPSP Likupang

20 November 2023 | 22:18 WIB Last Updated 2023-11-20T14:18:06Z
(Foto istimewa)
(Foto istimewa)

AIRMADIDI, Indimanado.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulawesi Utara terus berupaya meningkatkan keandalan sistem kelistrikan.

Peningkatan itu bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang melalui penyelesaian 3 (tiga) Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK).

Adalah pembangunan Gardu Induk (GI) 150kV Pandu (New) berkapasitas 60 Megavolt Ampere (MVA), Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilovolt (kV) sepanjang 59 Kilometer Sirkit (kms) dan GI 150kV Likupang (Ext) dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 76%.

General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis menjelaskan bahwa jaringan transmisi yang terbentang dari Desa Wineru Kec. Likupang Timur ke Desa Talawaan Bantik Kec. Wori Kabupaten Minahasa Utara yang melewati 4 Kecamatan dan 15 Desa dengan 80 TIP Tower berhasil melaksanakan pemberian tegangan pertama (Energize) pada Minggu (5/11) pukul 16.03 WITA Line kedua dan Jumat (10/11) pukul 14.03 WITA.

“Sebelum dilaksanakan Energize seluruh peralatan terlebih dahulu melewati beberapa tahap pengujian oleh Pusat Sertifikasi PLN, setelah seluruh peralatan sudah siap menerima tegangan maka akan diterbitkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB)” tutur Anis.

Anis menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur ini memanfaatkan TKDN mencapai 76 persen sehingga turut berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian dalam negeri.

“Beroperasinya GI 150kV Pandu berkapasitas 60 MVA yang diperkirakan dapat menyuplai sekitar 36 ribu pelanggan baru diharapkan dapat membantu membuka peluang investasi untuk KEK dan DPSP Likupang yang sedang dalam tahap pengembangan,” tambah Anis.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda mengatakan Terkait pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 kV Likupang- Pandu dan Gardu Induk 150kV Pandu, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara selalu memberikan dukungan kepada PLN.

“Dalam proses pembangunan infrastruktur tersebut karena pembangunan ini merupakan Proyek Strategis Nasional yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara,” ungkapnya.

“Dengan keberhasilan PLN mengoperasikan jaringan transmisi ini akan semakin membantu perkembangan perekonomian masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara kedepannya terlebih di sektor pariwisata, mengingat saat ini Likupang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang juga telah dicanangkan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” tutup Joune. (Red)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close